Tuesday, December 29, 2009

Facebook!!







Banyak orang mengaku addicted to Facebook. Tapi ternyata Facebook dapat mengundang bahaya.

Facebook adalah layanan jejaring sosial yang mengumpulkan orang banyak dalam satu wadah di Internet. Facebook mirip dengan Friendster, namun diakui memiliki banyak kelebihan. Pengguna Facebook mulai dari abg hingga orang tua yang berumur di atas 50 tahun.ivanjaya.net

Facebook diakui berguna untuk menemukan teman-teman yang tercicir ataupun yang sudah lama tidak ditemui. Banyak dari para pengguna Facebook yang akhirnya berhasil menemukan teman-teman di masa lalu. Hal ini menambah nilai tambah bagi Facebook.

Selain itu fungsi foto dan tagging ternyata disukai banyak orang. Ruangan untuk menghantar komen yang disediakan serta notification yang ada membuat para facebooker mengetahui perkembangan dalam dunia per-facebook-an.


Namun dibalik keunggulannya, ternyata Facebook memiliki kesan sampingan. Banyak orang mengaku addicted to Facebook. Tapi ternyata Facebook dapat mengundang bahaya. Beberapa pengguna Facebook mengaku hal pertama yang mereka periksa ketika online internet adalah membuka akaun Facebook. Facebook juga telah berhasil memasuki peringkat ke tiga dunia sebagai laman yang banyak dikunjungi. Bahkan Facebook berjaya bersaing dengan senior dunia jejaring sosial, iaitu Friendster.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari teman, Facebook digunakan untuk beriklan serta berkempen. Presiden Amerika Barrack Obama adalah Presiden pertama yang memanfaatkan Facebook untuk kempen melalui internet, dan kini banyak penulis- penulis yang mengekori tindakan Obama tersebut.

Namun dibalik keunggulannya, ternyata Facebook memiliki kesan samping.ivanjaya.net

  1. Membuang masa. Pengguna Facebook enggan terlepas dari komputer, laptop, handphone, dan gadget yang mampu mengakses Facebook. Banyak waktu terbuang di depan komputer. Aturlah waktu Anda. Jangan sampai sia-sia hanya di depan komputer.
  2. Hati-hatilah memasang status di Facebook. Ada tragedi yang menimpa seorang isteri ketika mengganti statusnya menjadi single. Si suami yang marah tanpa berpikir panjang langsung melepaskan isteri. Dan hal ini telah terjadi 2 kali.
  3. Hati-hatilah menaruh foto di Facebook. Yang namanya dunia internet, orang boleh melakukan bermacam-macam hal. Orang bisa mengedit foto sedemikian rupa yang berbau negative dan menyebarkannya ke forum. Hal ini boleh merosakkan nama yang terlibat. Letaklah foto di Facebook dengan bijak, kerana tidak hanya Anda dan teman Anda saja yang boleh melihat. Semua orang di dunia boleh melihatnya, kecuali Anda mengeset foto Anda menjadi private, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat foto Anda.
  4. Jangan menaruh sembarangan informasi pribadi. Banyak orang tidak menyedari bahaya menaruh informasi di internet. Dengan memberikan informasi tempat bekerja, nomer telepon, hingga alamat rumah, tentu dapat mengundang orang untuk berniat buruk. Bisa saja informasi tersebut dimanfaatkan untuk berbuat tidak baik. Jadi, letaklah informasi yang umum. Jangan menaruh informasi pribadi di halaman Facebook Anda. Ingatlah bahawa tidak hanya teman Anda saja yang mengakses Facebook. Apabila Anda ingin informasi yang tertera baik dari orang-orang asing, aturlah agar hanya teman-teman Anda yang boleh mengakses Facebook Anda.
  5. Diganggu orang tak dikenal. Banyak orang yang tidak berpikir panjang ketika menerima ajakan berteman dalam dunia jejaring sosial. Tanpa disedari, orang yang diterima menjadi teman boleh mengakses informasi yang tertera dalam halaman Facebook. Oleh karena itu jangan segan menolak ajakan teman dari orang yang tidak dikenal. Anda berhak menolak.

Walaupun hal ini terlihat simple, namun banyak kes yang melibatkan Facebook. Bijaksanalah dalam menggunakan Facebook







ivanjaya.net

2 comments:

Anonymous said...

btul 2.. jangan main banyak sangat.. nanti ketagih.. hahahahah.....

Chaon Cornerz said...

Semangat je ko nie.. hahhha..

Search